Senin, 26 September 2011

PITA 2

"mom, aku pengen melanjutkan kuliah ku ke Cambridge University tahun depan?"

"what? are you sure honey? menurut hasil penelitian terbaru yang dilakukan lembaga pemeringkat universitas yang berbasis di Inggris, Quacquarelli Symonds (QS) World University Rangkings.  Cambridge adalah universitas yang terbaik lho, kamu beneran mau kesana? kamu harus berupaya keras untuk kesana."

"memang sech mom, nech aku lagi cari beasiswa untuk menuju kesana"


"sayang, mencari beasiswa di Cambridge itu bagaikan mencari jarum dalam jerami, dan jelas pasti saigannya bakal banyak sekali"


"tapi Pita yakin mom, pasti Pita bisa. dukung Pita donk mom, jangan malah membuat Pita jadi takut gitu"


"iya sayang, mama tetap akan mendukung semua keputusanmu, termasuk keputusanmu untuk menggalkan Hedi (akhirnya Pita memlilih untuk meninggalkan Hedi. Dia tidak terlalu bersemangat untuk menjalin hubungan dengan Hedi. Banyak faktor yang membuat Pita harus meninggalkan Hedi. Dia tidak terlalu suka menjalin suatu hubungan dalam satu atab, dan Hedi adalah consultant yang cukup intens berhubungan dengan kantor Pita. Selain itu Hedi ternyata bukanlah tipe cowok yang cocok untuk Pita, dan masih banyak faktor negative yang membuat Pita memilih untuk hanya berteman dengan Hedi)

Cita - cita dan mimpi itu beda tipis. Kita akan mendapatkannya bila kita berusaha dengan sekuat tenaga, karena di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin.

Setelah hampir 2 bulan mencari info mengenai Cambridge akhirnya Pita menemukan link untuk mendaftar beasiswa di Universitas terkemuka itu.

1. Beasiswa dari Cambridge Trusts
Cambridge Trusts terdiri dari 3 institusi: Gates Cambridge Trust, Cambridge Commonwealth Trust, dan Cambridge Overseas Trust. Bagi kita dari Indonesia cuman akan dimasukkan dalam Gates Cambridge dan Cambridge Overseas Trusts. Yang paling prestigious adalah Gates Cambridge Trust, dimana belum pernah ada orang Indonesia yang pernah meraihnya.  Ada salah satu anggota PPI Cambridge yang pernah sampai tahap interviewnya walaupun pada akhirnya dibantai :((. Tidak ada pendaftaran terpisah dengan pendaftaran untuk masuk universitas. (via : http://ppi-cambridge.pbworks.com)

2. Board of Graduate Studies menyediakan beberapa beasiswa yang cukup kompetitif.  Untuk beasiswa penuh yang bisa didaftar oleh orang Indonesia meliputi: Cambridge International Scholarship dan Dorothy Hodgkin Postgraduate Award. Sebagian besar tidak perlu mendaftar terpisah dari pendaftaran program study. Cukup mengindikasikan bahwa kita mau dimasukkan dalam financial aid. (via : http://ppi-cambridge.pbworks.com)

sepertinya memang bagaikan mencari jarum dalam guntukan jerami 5 truk, susahnya bukan main. Tapi Pita adalah seseorang yang sangat tidak pantang menyerah. Dia terus berusaha agar bisa mendapatkan beasiswa ke Universitas yang di idam idamkan oleh semua orang itu. 

Pita sudah mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa dari Cambridge, setelah kurang lebih 5 bulan dia menunggu pengumuman, akhirnya dia berhasil lolos ketahap pertama hingga tahap akhir yaitu interview. senang bukan kepalang saat akhirnya ada surat yang menyatakan bahwa dia ketrima di unversitas itu di Department Art and Humanities

Percaya diri, ingat bahwa rejeki itu datang dari Allah SWT, berjuang, dan pantang menyerah

Sudah lebih dari 2 tahun Pita meninggalkan Indonesia untuk menjemput mimpinya, banyak hal yang terjadi salam kehidupannya, awal awal perkuliahan sangat hangat, teman teman cukup bersahabat dengan Pita. Walaupun gejolak timbul tenggelam dalam diri Pita, tapi Pita mencoba untuk bertahan, dan setelah perjuangan panjang ini akhirnya Pita menyelesaikan juga kuliahnya di Cambridge. 

Untuk kampung kelahiranku.

Satu tahun setelah lulus dari Cambridge Pita tidak langsung pulang ke Indonesia, dia berkumpul dengan serikat pelajar Indonesia untuk lebih mengasah ilmunya. Awal tahun 2010 Pita kembali ke Indonesia dengan berjuta juta ilmu yang dia miliki. Dia mempunyai cita cita yang mulia, untuk membagi Ilmu kepada anak - anak kurang mampu di camp penampungan di daerah terpencil di Indonesia.

To be continue ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar