Kamis, 10 Mei 2012

ketika kita tidak menyadarinya

Kita itu hidup berdampingan, bersama - sama, bersosialisasi dan tidak bisa kita hidup sendiri. Dalam hidup kita harus saling berdampingan.

Happiness only real when shared
- into the wild-

tapi pernah tersadarkah kalian, bahwa terkadang apa yang kita lakukan itu suka menyakitkan, suka membuat orang salah kaprah dengan kita, atau bahkan kita tidak tersadar ketika orang yang kita cintai dan mencitai kita ternyata sudah tersakiti oleh tindakan kita. Aku menuliskan ini, agar AKU dan kalian para pembaca blog ku sedikit menyadari apa yang kita lakukan. THAT A POINT!! :)
Aku akan menuliskan beberapa contoh, yang mungkin kalian juga pernah melakukannya tetapi kalian tidak menyadarinya. 
1. Berwajah sinis

Kita tidak bisa melihat apa yang sedang kita lakukan ketika kita sedang berhadapan dengan orang, ekspresi atau mimik wajah seperti apa kita tidak pernah taukan? Ada sebuah cerita ketika ada lima orang di terima dalam sebuah perusahaan. Dari salah satu dari kelima orang tersebut ternyata ada yang berwajah jutek yang mengakibatkan dua orang lainnya merasa tidak enak hati. Kedua orang tersebut ternyata sangat ketakutan karena mimik wajah dari seorang yang berambut panjang nan aduhai itu menampilkan wajah jutek. Matanya yang bulat terang serta hitam dipandang mereka seperti ketus. Mereka menilai bahwa dia itu adalah orang yang sangat tidak bersahabat, serta sombong, dan melihat mereka dari atas sampai bawah, bagaikan dialah yang paling cantik dari kelima orang itu. Selain itu mereka menganggap bahwa yang satu itu SOK banget, yang membuat bulu kudu mereka naik karena ketakutan. Tapi ternyata setelah mereka berkenalan, berbincang, bercanda dan saling tukar pikiran. Wanita yang dianggap sok dan sombong itu sangatlah warm, dan lucu tidak seperti apa yang dibayangkan oleh mereka. Banyak ilmu yang ditularkan, serta info - info yang bisa membuat mereka merasa nyaman menjadi sekolompok kawan.

Dari cerita di atas bisa di buat kesimpulan, don't judge people by the cover. Cobalah untuk berkenalan, lalu saling menyapa dan berbincang, pasti ada sesuatu yang menarik disana. Tapi kalo ternyata diajak ngobrol pun tidak bisa, yah sudahlah biarkan saja dia hidup dengan life stlye seperti itu.

2. Jangan pernah sia - siakan orang yang sudah lama menjalin cinta dengan anda, HANYA KARENA ADA ORANG / KEGIATAN BARU DISEKITAR KITA

Kalo yang satu ini masalah percintaan. Terkadang bila kita sudah lama berpacaran kita akan menumakan kejenuhan atau kebosanan. Lalu ketika kita mendapatkan sesuatu hal yang baru kita akan mengabaikan pasangan kita, dengan alasan lagi sibuklah, dengan alasan lagi banyak kerja, dengan alasan capek or other. Menjaga cinta yang telah lama itu sangat sulit, tersulit dalam suatu hubungan. Menurut saya ada tiga fase dalam sebuah hubungan 

a. Fase saling mencintai

Fase dimana ada kata PDKT, fase ini adalah fase yang sangat mengagumkan. Karena disini kita baru nemukan cinta, baru menemukan passion, baru mengetahui indahnya. Hingga terkadang kita mengabaikan tingkah negative pasangan yang ada di depan kita. Whatever it is, yang penting I Love You FULL.

b. Fase Mempertahankan

Ada istilah "mempertahankan itu lebih sulit, dari pada memulai hal yang baru". Dan memang itu sangatlah sulit, aku pun merasakannya. Disini hati kita tergoncang, hati kita runtuh, mulai jengah dengan tingkah - tingkah negative yang di timbulkan oleh pasangan, mulai bosan dan muak dengan crewetan. Mulai males mendengarkan perkataan. Mulai males mengangkat telepon, mulai males membalas sms dengan alasan sibuk, Hp di tas atau apalah itu, yang pasti sedang tidak ingin di ganggu oleh dia. Nah, terkadang hal itu terjadi karena ada mainan baru, contoh saja 

Ada seorang yang baru lulus dari kuliah. Dia sudah mempunyai seorang kekasih, kekasihnya seorang yang baik, hubungan mereka masih baik - baik saja sebelum mereka sama - sama bekerja. Lalu mereka mendapatkan pekerjaan yang sama dalam satu waktu, dimana menyebabkan salah satu dari mereka harus berpindah tempat, atau bisa di bilang merantau. Nah long distance relationship terjalin disini. Mempertahankan hubungan long distance relationship itu sangatlah berat, banyak godaan disini, dan hanya trust lah yang bekerja. Yang satu masih berada di kota asal, bekerja juga, tetapi karena yang satu selalu heboh dengan sesuatu yang baru, untuk pertama - tama dia masih sering menghubungi dia yang jauh disana. Dia juga bercerita ke beberapa teman kantor tentang kekasihnya tapi tidak segamblang - gamblangnya karena baginya menceritakan hubungan percintaannya itu agak weird, lalu ada seorang dari tempat kerjanya yang mencoba untuk mendekati, lalu dia bertemu dengan teman - teman yang baru, yang banyak memberi ilmu, serta hal - hal baru. Karena tidak banyak teman kerja yang tau bahwa dia sudah punya pacar, maka banyak teman - teman mengatakan "cie cie, sudah sana pacaran saja". Disini dia tergoda, yang biasanya sering menghubungi pacar, malah smsan dengan "DIA" teman sekantornya, yang biasanya YMan bersama dengan sang pacar malah YMan dengan "DIA" teman sekantor. Dan ketika sang pacar yang nun jauh disana mengatakan, "Kenapa tidak dibalas SMS ku" dia hanya menjawab "Sebentar lagi sibuk, sibuk banget ini" padahal kenyataannya, dia sedang browsing, sedang smsan dengan yang lain, sedang YMan dengan yang lain. Lalu karena merasa bersalah sang kekasih mengatakan "maaf yang sayang kalo aku menggangu, iya aku tau sayang lagi sibuk". 

Hal tersbut sangat menyakitkan dan sangat tidak pantas untuk dilakukan, serta sangat munafik. Lalu dia mulai merasa, "Halah paling dia disana juga melakukan hal sama?" memang sech siapa yang tau disana dia sedang melakukan apa. Tapi cobalah untuk setia dengan pasangan dan terbuka dengannya, karena sesungguhnya dia disana menyayangimu dan mencintaimu, jangan tergoda, karena hal yang baru belum tentu lebih baik dari apa yang sudah kita dapat. Hargailah pasanganmu, cintailah dia seperti ketika dalam Fase saling mencintai, mencoba untuk setia itu adalah hal yang baik. Dan hal yang baik itu berpahala. Jangan hanya karena dia jauh, lalu ada orang yang mendekati kita lalu kita goyah, COBA untuk berkata SAYA SUDAH ADA YANG PUNYA. Taken is taken tidak ada kata i'm taken but i'm available. Tidaklah kalian merasakan betapa sakitnya di khianati? Sadarlah akan hal itu. Karena memperhatankan suatu hubungan itu mulia. Jangan malah ketika dia sms kita menjawab dengan kata - kata "Aku sibuk" taukah kamu, memang dia disana tidak sibuk? memang dia disana tidak menemukan hal yang baru? tetapi dia tetap bersemangat untuk mempertahankan khan? hingga akhirnya dia merasa bersalah dan berkata "iya sayang, aku tau kamu sibuk maaf yah". Atau ketika dia menelfon kamu berkali - kali tetapi tidak kamu angkat, dan setelah menjelang malam baru kamu angkat dan berkata "HP tadi di tas, aku ngak tau kalo kamu telphon soalnya aku mute, karena aku ngak enak kalo dikantor suara hp itu keras - keras, karena aku khan anak baru" ech padahal ternyata habis makan pizza di mall bareng, bahkan jalan berduaan. Terus bis itu liat baju - baju sama si "DIA". Atau makan sate bareng sambil berbincang - bincang hingga lupa waktu, bahkan untuk mengangkat telpone saja ogah. Sadarkah kalian, bahwa dia disana mencoba untuk mempertahankan hubungan. Pernah kah kalian disakiti? Jangan jadi orang yang munafik, picik, dan sejenisnya. Karena itu sangat memalukan. Dan ketika nanti kekasih kita memilih untuk meninggalkan kita, jangan salahkan dia, karena kamu yang memulai membakar api. Jangan pernah main api bila tidak ingin terbakar. Iya, kalo ternyata DIA yang kamu deketin ini ternyata lebih baik dari kekasihmu, kalau tidak, mau apa kamu, jadi kambing congek? bukan salah DIA yang mencoba mendekati kita, tapi salahkan diri kita sendiri karena kita terlena.

sejak kita membuka mata di pagi hari, sampai dengan menutup mata dimalam hari, selalu ada dua pilihan, maka ambilah pilihan yang membuat Allah senang

ibadah driven activity

-wawan darmawan-

dan mempertahankan suatu hubungan yang baik adalah suatu ibadah, dan penghiatan itu adalah suatu hal yang di benci oleh Allah SWT.

c. Face bahagia

Ini adalah fase terakhir dalam suatu hubungan. Dimana kita sudah tersadar akan kesalahan kita, sudah tersadar bahwa dia adalah orang yang kita cintai dan dia mencintai kita dengan sepenuh hati. Ketika kita tersadar bahwa bahagia itu simple, bahwa bahagia itu adalah saling mengerti kekurangan pasangan dan kita menutupinya, saling mengerti tentang kebaikan pasangan dan kita membanggakannya. Disini damai tercipta. Dan kita tidak tergoda akan orang - orang di sekitar kita, lalu ketika dengan BANGGA kita berkata "ini suami/istri saya". Maka hingga mati kita akan dalam keadaan bahagia,

bukan karena hari ini indah kita bahagia, tetapi karena kita bahagia hari ini menjadi indah

-anggi widyanto-

bahagia itu simple, hanya kita saja yang membuat sulit

-defi puspita-


3. Kesalah pahaman status 

Hari gini, siapa sech yang tidak punya Facebook, YM, BB, Twitter? Menurut saya lebih dari 50 % orang disini mempunyai itu semua. Tapi terkadang status di social network tersebut itu mengakitbatkan kesalah pahaman. contahnya adalah 

ada dua orang yang berteman tidak cukup lama, tetapi cukup akbrap, sebut saja mereka si A dan si B. Lalu salah satu dari mereka berulang tahun, si A menyiapkan kejutan untuknya, si A juga menyiapkan kado buat si B, berbagai pilihan kado yang akan dia berikan untuknya, lalu di pilihlah sebuah celana panjang yang cukup mahal, dan berkualitas. Karena memang ingin memberikan yang terbaik buat temannya tersebut. Acara sudah tersusun dengan baik, dia juga sudah menyusun acara untuknya. Dia meminta salah satu teman untuk menyiapkan acara lunch bersama, agar acaranya meriah, serta bisa dihadiri oleh banyak orang. Acara kejutan mini, juga diberikan untuknya.

Lalu sehari sesudah acara tersebut si A menulis status di YM "jadi orang itu lha mbok lomoan"

dan ternyata si B itu tersindiri dengan sendirinya akan kata - kata tersebut. Entah karena apa. Padahal si A menulis kata - kata tersebut itu untuk teman yang lain bukan untuk dia, bahkan si A menulis kata Lomoan itu, dengan dia tidak tau apa artinya, si A menulis kata - kata tersebut untuk bercanda dengan seorang teman yang berada di negri sebrang. Sebelumnya si A bersikap biasa - biasa saja dengan si B, tetap bercanda seperti biasa saja.
Tetapi di hari itu juga, si A diberitahu oleh seorang teman
"kamu tulis status itu buat sapa?" 
"och itu buat temen aku yang lagi di negri sebrang, soalnya aku di bencandain pake basa malay, gantian aja aku katain dia. Lagian kemaren aku minta di beliin tas kain ngak mau sech, nyebelin banget"
"ock kirain itu buat orang yang ada disini"
"lhah, koq bisa orang yang ada disini sech, GR banget jadi orang. Emang kenapa sech? ada yang merasa yah?"
"iya ada yang merasa kamu bilang gitu, jadi dikirain kamu itu tulis buat dia. Karena kemaren dia ulang tahun tapi ngak traktir kita. Trus kamu marah sama dia, lagian tadi kamu ngak brangkat bareng sama dia juga tho? itu yang buat dia merasa kalo kamu itu marah ama dia karena dia ngak traktir kamu. Terus kemaren dia juga bilang sama aku, apakah anak - anak tau kalo pas lunch itu yang traktir bukan dia. Dia kaya ketakutan sendiri gitu, karena nanti bakal dimintain traktiran."
si A cuman tercengang mendengarnya, ngak ada dipikiran si A untuk nyuekin dia atau apalah itu, terus marah hanya karena tidak di traktir sama si B, sama sekali tidak ada, pertemanan si A dengan si B tulus tidak bermateri. Dia sudah lebih dari cukup untuk merasakan nikmatnya hidup dari makanan nusantara hingga luar negri, cukup bagi dirinya untuk bertamasya keliling kota dan merasakan indahnya dunia. Tapi setelah mendengar kata - kata dari teman tadi itu, membuat dia jadi malas. Kenapa harus meributkan hal yang tidak penting. Tapi memang, setelah kejadian itu si B memang berubah, dia berasa canggung sendiri, dia juga merasa ngak enak hati sendiri. Padahal si A juga biasa aja, untuk apa juga meributkan hal yang tidak penting. 

nah dari cerita di atas itu buat pelajaran, jangan GR dulu, jangan menelan mentah - mentah sebuah hal yang tidak nyata. Coba dibicarakan kalo kalian itu teman, jangan meraba - meraba benda yang tidak terlihat. Sakit dan tersendir sendiri nantinya. 


Tadi adalah ke tiga hal yang kita terkadang kita tidak pernah menyadarinya. Buat pelajaran untuk saya dan kalian yang baca. Sebenarnya masih banyak lhoh contoh - contoh yang lain. jadi koreksi diri sendiri dulu, karena memang no body is perfect. Jadi jangan malu untuk bertanya kepada teman, tentang diri kita sendiri, dan biasanya koreksi teman itu untuk kebaikan kita. (:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar